Terbentuknya Jagat Raya Menurut Pandangan Al-Quran
-
*BAB I*
*PENDAHULUAN*
*1. * *Latar Belakang*
Manusia sebagai makhluk ciptaan Tuhan YME dan sebagai wakil Tuhan di bumi
yang menerima amanat-Nya untuk ...
Surga dan neraka
Kehidupan nyata dan masyara kat adalah tidak sempurna, ke duanya memiliki kekurangan. Kekurangan membuat orang menderita, jug mmbuat orang mendambakan kesempurnaan dan keindahan. Apakah surga itu? Surga adalah dunia yang indah dn smpurna. Surga yang didambakan oleh manusia ada 2 macam, pertama ialah surga dunia, lainnya ialah dunia kera jaan langit. Yang pertama me rujuk pada masyarakat ideal di dunia, yang disbut belakangan ialah dunia yg jauh melampaui dunia manusia dimana Sang Pencipta bersemayam. Dunia fana adalah tempat tinggal ma nusia, sedangkn krajaan langit adalah dunia para mlaikat dan Sang Pencipta. Manusia begitu mmasuki dunia krajaan langit, berrti orang tersebut telah ber hasil berubh menjadi makhluk surgawi. Maka sesungguhnya bisakh seorang manusia mnjdi makhluk surgawi? Bnyk orang tidk mmpercayai akn kemung kinan ini, nmun trdapat cukup banyak juga orang yang mem prcayainya, bhkn rela mengor bankn jiwanya untuk hal terse but. Beberapa ribu tahun ini, di dlam berbagai agama terctt aneka kjdian tntng trcapainya ksempurnaan, smuanya dapat membuktikn tentang kemung kinan ini. Prinsip dunia krajaan surga adalah terbalik apabila dibandingkan dengan prinsip dunia manusia, hal yag dinilai benar oleh manusia, di mata Sang Pencipta bisa saja salah, segala hal yang dikejar oleh mnusia dipandang tidk berarti oleh Dewata. Oleh karena itu, hendk mmasuki dunia krajaan langit maka harus dngn tuntas mengubah pandangan hidup ala manusia, melepas segenap hal yang dianggap pnting dan dikjar oleh mnusia, dibicarkan dengan menggunakan konsep kebudayaan timur, itulah yang dinamakan kultivasi (Xiulian, mnempa diri utuk mmperoleh pencerahan hidup). Sejatinya, hendk mllui kultivasi mncapai dunia kerajaan surga bukanlah suatu hal yng mudh dilakukan. Selain tidk mudh, bahkn masih harus mngalami brbagai ujian yang sulit dibayangkan, harus mencicipi penderitaan yang bagaikan menusuk kalbu dan mngerok tulng. Nmn kultivasi sama sekali dan juga mutlak tidak mungkin menimbulkan pengaruh negatif bagi mnusia dan masyarakat, karena hal yg dianggap penting oleh semua orng tetapi tidak penting bagi kaum kultivator, segala hal yg dikejar oleh manusia, tidak dikejar oleh semua kultivator, bagaimana mungkin kultivasi bisa mempengaruhi danmenghambat orang lain danmasyarakat?Selain tidak bakalberpengaruh danmenghambat, malahan hanyaakan bermanfaat bagi oranglain dan masyarakat, karenaproses kultivasi secarakeseluruhan diawali denganmenjadi orang baik, adaproses pelepasan hatiketerikatan secara terusmenerus, suatu proses yangtak henti-hentinya menujukebajikan.Berbeda dengan duniakerajaan surga, surga duniabukan di atas dunia manusiamelainkan di dalam duniamanusia. Berangkat dari titiktolak ini mendirikan surgadunia seolah-olah lebihmudah, namun sebetulnyatidak. Bagi seseorang yangbertuhan, manusia boleh sajamenggambarkan surgadunia, boleh sajamendambakannya, jugaboleh mendekatinya, tetapimanusia selamanya tidakmungkin mendirikan danmerealisasikannya di duniafana ini. Bagi manusia, duniaideal yang mutlak indah dansempurna hanyalah sebuahutopia (dunia impian).Alasan melakukankesimpulan ini ialah, baiksecara individu maupunsecara berkelompok, segalahal di dalam dunia, semuanyadiputuskan oleh SangPencipta berdasarkan besarkecilnya karma baik dankarma buruk (bahasaSansekerta, karma ialah hasilperbuatan).Karma baik (selanjutnyadisebut: berkah)mendatangkan rejeki, karmaburuk (selanjutnya disebut:karma) mendatangkankemalangan. Berkah besar,banyak rejeki; berkah kecilmaka rejekinya kecil pula.Demikian pula, karma besar,maka kemalangannya besar.Karma sedikit, makakemalangannya juga sedikit.Manusia bereinkarnasi didalam enam jalur samsara,diatur oleh konsep manusia,dan manusia tidak mungkintidak berbuat dosa,perbedaannya selalu terletakpada besar-kecil dan banyaksedikitnya saja. Olehkarenanya, setiap manusiapasti memiliki penderitaandan kesulitan, masyarakatumat manusia juga tidakluput dari dalil ini.Dunia yang mutlak serbaindah dan sempurna tidakmungkin diturunkan kedunia manusia, ia hanya bisaeksis di ruang dimana SangPencipta berada, karenaSang Pencipta memilikitingkat moralitas ultra jauhdi atas manusia, ia murnibersih tak tercela, selamanyatak akan berbuat dosa.Ditilik dari sudut pandanglainnya, karakter manusiaada yang baik ada yangburuk, dan baik-buruk inidibawa semenjak lahir.Meskipun kuantitas merekabisa berubah, namun tidakdapat hilang dengan tuntas -bagaimanapun, kebaikanmaupun keburukan,semuanya demikian halnya.Kebajikan di dalam karaktermanusia mendorong manusiadi dalam dunia fanamendambakan dan mengejardunia idealnya sendiri, tetapiketika merekamengharapkan dan mengejardunia yang satu ini, di dalambadan mereka, sedikitbanyak tak dapat dihindariserta merta membawabagian buruk yang ditolakdan saling berkontradiksidengan dunia ideal yangmereka kejar dan dambakan.Hal ini membuat dunia idealyang mereka kejar dandambakan pastiterdegradasi, sehingga telahpula ditakdirkan meskipunmereka barangkali telahdapat mendekati tanah emasimpian sendiri, namun untukselamanya mustahil tiba didunia nun jauh tersebut.Semenjak terdapatperadaban, bangsa dannegara yang berbeda, erayang berbeda, selalu sajaterdapat orang yangberkhayal mendirikan surgadi dunia, namun dunia idealmanakah yang telah berhasilmenjadi kenyataan?Selain tidak terealisir, duniayang kita tempati ini sajamalah seiring denganpergerakan waktu dankemajuan teknologi berubahsemakin lama semakinamburadul, semakin lamasemakin menjauh darikarakter alam semesta:Sejati-Baik-Sabar. Ini darisatu sisi juga telahmembuktikan karakteristikmendasar dari utopia surgadunia.Tuntutan surga dunia olehumat manusia selain tidakpernah ada contoh yangberhasil, selain itu pernahpada tahapan sejarahtertentu membawa bencanayang bersifat memusnahkanbagi peradaban manusiasendiri, selama jangka waktutertentu telah menimbulkankesewenang-wenangan olehkejahatan, revolusikomunisme adalah ciri khasdalam bidang ini.Masyarakat komunisme yangdilukiskan oleh Marx danEngels tak pelak lagi adalahsemacam perwakilan darisurga dunia, ia seperti duniaidealisme yang pernahdilukiskan oleh pelaku-pelakusejarah, memilikikarakteristik mutlak indahdan sempurna.Meminjam kata-kata yangdikatakan sendiri olehmereka berdua, bahwamasyarakat komunismeadalah sebuah masyarakatyang tidak ada penghisapan,tidak ada penindasan, terjadikesetaraan sepenuhnyaantar manusia, setiap orangmemberikan yang terbaikdarinya dan menerima sesuaiapa yang dibutuhkan. Selainitu, perkembangankebebasan individu adalahpremis bagi perkembangankebebasan semua orang.Dunia yang begitu indahnya,siapa yang tidakmendambakannya?Mari kita salingmemperbandingkan duniaidealisme tersebut denganmasyarakat nyata ini. Yangdisebut belakangan tentusaja adalah sebuahkegelapan, karenamasyarakat nyata selamanyaadalah sebuah dunia yangeksis dengan berbagai cacatdan kejahatan termasukpenghisapan dan penindasandi dalamnya.Akan tetapi, ketika kaumkomunis di bawah panggilanidealismenya, sesudahakhirnya dengan suksesmenggulingkan "masyarakatlama yang gelap", ternyatadengan terperangah orang-orang menemukan bahwa"masyarakat baru yangcemerlang" yang merekahadapi adalah sebuah duniayang memiliki lebih banyakcacat dan kejahatandaripada "masyarakat lama".Penghisapan dan penindasanselain tidak dimusnahkan,malahan bertambah hebat;beraneka ragamketidakadilan selain tidaktermusnahkan malah menjadilebih parah. Kebebasanrakyat selain tidak diperluas,malahan telah hilang tuntas.Marx dan Engels padapenutupan "ManifestoKomunis" mengatakan,"Biarkan kelas penguasamenggigil di depan revolusikomunisme. Kaum proletariatdi dalam revolusi ini yangterlepas hanyalah rantai.Namun yang bakal merekaperoleh adalah segenapdunia."Realitanya, yang menggigil didepan revolusi komunismebukan hanya kelas penguasasaja, melainkan termasukberbagai kelas dari kelasyang mereka kuasai. Yangkehilangan rantai borgol danyang memperoleh segenapdunia bukannya kaumproletar, melainkan hanyalahorang komunis.Secara tak berlebihan bisadikatakan, dari negeri UniSoviet sebagai negarapertama yang didirikan olehkaum komunis (dan kinisudah tiada), hingga hari ininegara komunis yang masihsaja hidup segan mati takmau adalah RRT, Korea Utara,Vietnam dan lain-lain, hampirsatu abad lamanya yangdibawa oleh komunismebukan turunnya surga duniamelainkan adalah sebuahbencana yang tak terhinggayang taraf kekejamannyabahkan lebih parah biladibandingkan denganfasisme.Realita membuktikan, hasilakhir revolusi komunismedengan target yang merekapublikasikan secara terbuka,selain tidak mirip samasekali, bahkan total bertolakbelakang, ia berkoar hendakmembebaskan seluruh umatmanusia, pada kenyataannyamalah memperbudak orang.Ia menjanjikan hendakmembawa orang-orangmemasuki dunia idealismeyang indah, akhirnya malahmenyeret orang-orangmemasuki neraka duniadimana kejahatan merajalela.Kontradiksi ekstrim antarateori dan praktek semacamini membuat komunismedipenuhi sifat absurditas.Penyebab pokok yangmenimbulkan absurditas initerletak pada revolusikomunisme itu sendiri (ataudikatakan jalan menuju surgakomunisme) dan dua ciriutama yang terbawasemenjak kelahirannya yaitu:Kesatu, ia dengan tuntasmengaduk-aduk nilaiuniversal umat manusia,telah menginjak-injak bottomline peradaban manusia.Kedua, ia selalumenggunakan kekerasansebagai senjata, gemarmembunuh dan hobipertumpahan darah.Seperti diketahui,masyarakat umat manusiaterbentuk oleh suku bangsadan negara yang berbeda,para negara dan bangsa inijuga mempunyai strukturmasyarakat dan sistemperadabannya sendiri, sistemdan struktur ini dari zamankuno hingga zaman kinimasih sedang berubah.Tetapi tak peduli perbedaandan perubahan mereka adaseberapa besar, masyarakatumat manusia membutuhkaneksis, kesinambungan danperkembangan, pasti harusmenyediakan sejumlahprasyarat, salah satunyaialah orang-orang denganlatar belakang suku bangsadan negara berbeda, sistemmasyarakat dan strukturperadaban berbeda harussecara bersama-samamentaati standar dan normatersebut, yang juga disebutsebagai nilai universal, atauyang dikatakan hal-hal yangsecara bersama-samamemiliki standar baik-buruk.Misalnya, menghormatiTuhan, langit dan bumi, tidakdikarenakan nafsu pribadilantas membunuh, tidakmencuri dan merampok,tidak berdusta, yang dirisendiri tidak berkenanjangan diperlakukan kepadaorang lain, dan lainsebagainya.Standar dan norma-normaitu adalah semacam batasandan ikatan yang dibutuhkanbagi kehendak seseorang,mereka telah membentukbottom line peradaban umatmanusia, dengan lain kataadalah perwujudankehendak Tuhan, juga adalahkebutuhan mendasarkarakter manusia.Dilihat dari sejarah, nilaiuniversal masyarakat umatmanusia adalah ketikaperadaban umat manusiacenderung menujukematangan, ditentukan olehorang arif bijaksana dariberbagai bangsa dandiwariskan generasi demigenerasi. Tak peduli zamandan negara apapun, nilaiuniversal begitu mengalamipengrusakan, akan terjadimetamorfosa dan kekacauandi dalam masyarakat itu,bahkan menuju kehancuran.Namun, dilihat dari sudutpandang seorang komunis,segala nilai universalhanyalah borgol usang yangmembelenggu kaki dantangan revolusi, sedangkanmenggunakan kekerasanmenghancurkan dengantuntas borgol itu adalahperwujudan komunisme,pembebasan seluruh umatmanusia dan memimpin umatmanusia memasuki jalanyang harus dilalui untukmemasuki kerajaan idealis.Pendek kata, di dalam kamuskomunisme, baik itu revolusi,ataupun pemberontakan,tidak saja berartipenggunaan kekerasanuntuk mengobrak-abriksegala tatanan masyarakatyang telah eksis, bersamaanitu juga berartimenggunakan kekerasanmemusnahkan segala hasilperadaban yang termasuk didalamnya norma dan nilai-nilai universal.Ditilik dari sudut pandang ini,revolusi komunismesesungguhnya adalahsebuah revolusi yang dariawal hing-ga akhir memusuhidan menginjak-injak nilai-nilai universal. Sebuah ajangyang disebut revolusidengan wajah bengis, pastimenghancurkan landasandimana masyarakat umatmanusia bisa eksis,berkesinambungan danberkembang, di bawah namaidealisme telah membesarkandan menebar sertamenghamburkan kejahatanke dalam karakter manusia.Coba Anda pikirkan, di bawahkondisi semacam ini,bagaimana mungkinmasyarakat dapat berubahsemakin lama semakin indah,dan pada akhirnya memasukikerajaan idealis? Hanya bisasemakin lama semakin gelap,semakin lama semakin jahat,dan pada akhirnya diseret keneraka dunia.Melalui kekerasanmenghancurkan peradabantradisional dan nilaiuniversal, selain tidakmungkin membawa umatmanusia memasuki surga,bahkan dapat dipastikanbakal tertimpa musibah atasnegara dan rakyatnya,membawa bencana yang takterhingga bagi umatmanusia. Ini adalah hikmahyang tak terlupakan darigerakan komunisme yangsudah berlangsung 1 abadlebih lamanya yangdiwariskan kepada kita.Yang bisa dituju Revolusikomunisme hanyalah neraka,mutlak tak mungkin adalahsurga.Surga sesungguhnya jauh diatas sana, ia hanya eksis diruang lebih tinggi danmelampaui manusia biasa,yaitu dunia tempat tinggalpara dewata dan sangPencipta. Jalan yang dipakaihanya ada satu, yaknikultivasi.Semoga semua orang yangbaik hati, bisa semakin awaltersadar dari dalam mimpiburuk komunisme; semogapula semua orang yangberjodoh, pada bisaberkultivasi semakin dini,untuk menapaki surga yangsejati!
Langganan:
Posting Komentar (Atom)
ARTIKEL POSTS
30 SITUS BERBAHAYA DI DUNIA RIWAYAT PEZINA DI JAMAN MB MUSA AS RIWAYAT PEMERKOSA MAYAT INILAH LABELT DARI PADA MANGNGAR JAYA YANG PERTAMA LABELTS ISI POSTS MANGNGAR JAYA DENGAN LENGKAP LABELT BERIKUT INI ISINYA LUMAYAN LABELTS POSTS MANGNGAR JAYA TERBAGI LABELT MANGNGAR JAYA ABADI ISI LENGKAP LABELT MANGNGAR JAYA ISI LENGKAP LABELT POSTS MANGNGAR JAYA BEUTIFUL LABELT HARI HARI POSTS MANGNGAR JAYA LABELT POSTS MANGNGAR JAYA ISI CAMPUR2 LABELTS MANGNGAR JAYA ISINYA CAMPUR KLIK LABELT MANGNGAR RANGKUM LABELT BERIKUTNYA KLIK DISINI LABELT ISI POSTS MANGNGAR JAYA INI ADALAH ISI SEBAGIAN POSTING MANGNGAR JAYA KUMPULAN ISI POSTING DISINI KUMPULAN SERI SIRRUL ASRAR
Daftar Blog Saya
-
-
SHALAWAT KEPADA NABI SAW, MAKNA DAN KEUTAMAANNYA - Sesungguhnya Shalawat terhadap Nabi memiliki kedudukan yang tinggi di dalam hati setiap muslim, oleh sebab itu, kami akan membahas dengan ringkas tentang...
-
SURAH AL-FATIHAH - بِسمِ اللَّهِ الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ *﴿١﴾* الحَمدُ لِلَّهِ رَبِّ العٰلَمينَ *﴿٢﴾* الرَّحمٰنِ الرَّحيمِ *﴿٣﴾* مٰلِكِ يَومِ الدّينِ *﴿٤﴾* إِيّاكَ نَعبُدُ وَ...
Tidak ada komentar:
Posting Komentar