http://picasion.com/gl/2jwY/


widgets
http://picasion.com/gl/1Nts/

Bunga Bunga Ilmu

Orang yang paling tertipu didunia adalah orang yang banyak kesia-siaan dalam perkataan dan perbua tannya, tetapi merasa dirinya telah melakukan banyak kebaikan.

Banyak orang mencari ilmu, tetapi tidak mengamalkannya sehingga jiwanya tetap kering .

Ada juga yang mencari harta tetapi tidk mau brsedekh shingga jiwanya tetap fakir Banyak ilmu sedikit amal adalah sia-sia, banyak harta sedikit sedekah adalah sia-sia. Oleh karena itu orang yang cerdas slalu menja uhi hal yang sia-sia dan melakukan hal yang manfaat.

Sesungguhnya yang membuat manusia indah adalah hatinya yang hidup, karena dia mmpu mngambil nasehat dan ilmu agama sebagai akhlak dirinya hingga pribadinya indah dan terpuji.

Jngan pernah merasa diri lebih ber ilmu dari org lain dan mnertawakn kebodohan orng lain, karena justru ciri utama org berilmu adlh rendah hati dan menghormati orang lain.

Orang sombong hanya mampu membicarakan kekurangan orang lain, sedangkan orang rendah hati mampu membicarakan kebaikan org lain dn memaklumi kekurangan orang lain. ***

Rasulullah SAW telah menegaskan pntingnya mengamalkan ilmu yang telah kita miliki dengan sabdanya berikut :

"Barangsiapa mengamalkn apa-apa yang ia ketahui, maka Allah akn me wariskan kepadanya ilmu yg belum diketahuinya, dan Allah akn meno long dia dalam amalannya shingga ia mendapatkan surga.

Dn barangsiapa yg tidak mengamal kan ilmunya, maka ia tersesat oleh ilmunya itu, dan Allh tidk menolong dia dalam amalannya, sehingga ia akan mendapatkan neraka".

Dismping itu ilmu akn mnjadi rusak' bila tidak diamalkan, ilmu jga rusak bila pemiliknya merasa sombong dengan ilmunya itu; yaitu sebagai mana hlnya banjir yng menghancur kan bukit yang tinggi Salh seorang sahabat nabi yang dijuluki sebagai gerbang pintunya ilmu, yaitu saydina Ali Bin Abi Thalib, berkata :
"Tiada kekayaan lebih utama dari pada AKAL,

TIADA KEPAPAAN LEBIH MNYEDIHKAN DARIPADA KEBODOHAN.

Tiada Warisan lebih baik daripada PENDIDIKAN"

Ketika beliau ditanya mana yang lebih utama antara ilmu dgn harta, mk saydina Ali pun menjawab:

* Ilmu lebih utama daripada harta, ilmu adalah pusaka para nabi,

sedangkan harta adalah pusaka Karun dan Fir'aun"

* Ilmu lebih utama daripada harta, karena ilmu itu akan menjagamu smentara harta malah engkau yang harus menjaganya

* Harta itu jika engkau berikan ber kurang, sebaliknya ilmu jika engkau berikan semakin bertambah

* "Pemilik harta disebut dngn nama kikir dan buruk, tetapi pemilik ilmu disebut dengan nama keagungan dan kemuliaan".

* "Pmilik hrta itu musuhnya bnyak, sedangkan pemilik ilmu temannya banyak"

* Ilmu lebih utama daripada harta, karena diakhirat nanti pemilik harta akan dihisab, sedang orang berilmu akan memperoleh syafa'at"

* Harta akan hancur berantakan karena lama ditimbun zaman, tetapi ilmu tak akan rusak dan musnah walau ditimbun zaman."

* Harta membuat hati seseorang menjadi keras, sedang ilmu malah membuat hati menjadi bercahaya"

* Ilmu lebih utama daripada harta, karena pemilik harta bisa mengaku menjadi Tuhan akibat harta yang dimilikinya, sedang orang yang berilmu justeru mengaku sebagai hamba karena ilmunya."

Prof Dr. Hamka dalam bukunya menulis : "Ilmu itu tiang untuk kesempurnaan akal. Bertambah luas akal, bertambah luaslah hidup, bertambah datanglah bahagia. Ber tmbah sempit akal, bertambh smpit pula hidup, bertambah datanglah celaka."
Pepatah mengatakan:
"Iman tanpa ilmu, sama dngn pelita ditangan bayi; sedangkn ilmu tnpa iman, bagaikan pelita ditangan pen curi." ."."."Wallahualam."."."

( Referensi : H.M Komarudin Chalil " Penyejuk Qolbu : Mencapai akhlak Mulia ; Ir . Permadi Alibasah ; "Sentuhan Kalbu") *BC*JSIKURMA

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Banyak hal di Dunia yang takkan sanggup kita fikirkan sendiri, banyak tawa yang tak seru jika dinikmati seorang diri, banyak air mata yang terlalu pedih untuk dialirkan sendiri, untuk itulah kita membutuhkan saudara/teman, membagi setiap kebaikan, mengoreksi tiap kesalahan, Ya Rabb....... Jika sekarang saudara/riku/teman2ku yang sedang tersenyum? Semoga menjadi ibadah, jika bersedih? Semoga kesedihan nya bisa menghidupkan hati dan jiwa. Jika sedang lelah? Semoga kelelahan nya menjadi penggugur dosa dosa. Aamiin ya Allah.
gif

KLIK SITE BUKERAN