http://picasion.com/gl/2jwY/


widgets
http://picasion.com/gl/1Nts/

Sepuluh tabir antara kita dengan Allah

Inilah sepuluh tabir antara kita dan Allah yang menghalangi kita saat melakukan perjalanan menuju Allh. Smua tabir itu muncul dari 4 unsur:

diri, syetan, dunia dan hawa nafsu. Keempt unsur ini bsa mrusak ucapn dan prbuatan , merusak niat, memu tuskan jaln, amaln dn niat sebelum sampai perbuatan ini di hati . tabir tersebut adalah:

TABIR 1. TIDAK MENGENAL ALLAH Orang yang tidak mencintai Allah pasti tidak mengenalNya, sbaliknya orng yang tidak mengenalNya pasti tidk mencintai-Nya Semakin kita me ngenal Allh smakin dalam cinta kita pada-Nya.

SESUNGGUHNYA ORANG-ORANG YNG BERIMAN DAN BERAML SHALEH, KELAK ALLAH YANG MAHA PEMURAH AKAN MENANAMKAN DALAM (HATI) MEREKA RASA KASIH SAYANG. (qs Maryam:96) Tabir yang paling tebal adalh tidak mengethui Allah dan tidk menyadri keberadaan-Nya karena seorang cenderung memusuhi sesuatu yang tidak diketahuinya.

KEMULIAAN ITU TERKAIT DENGAN KE TAATAN, SEMENTARA KEHINAAN TER KAIT DENGAN KEMAKSIATAN. TAAT KE PADA ALLAH AKAN MENGHASILKAN CA HAYA , KEMULIAAN, KEBAHAGIAAN, KE TERSINGKAPAN HIJAB DAN PETUNJUK.

TABIR 2. BID’AH Siapa saja yang melakukan bid’ah maka ia akan terhalang dri Allh karena kebidahan nya itu. Sampai ia mmpu mlepaskn diri dari bid'ah tersebut.

SIAPA SAJA MEMBUAT SESUATU YANG BERTENTANGAN DNGAN AGAMA KITA , MAKA IA DITOLAK ( HR Bukhari) KEPA DA NYA LAH NAIK PRKTAAN PRKTAAN YANG BAIK DAN AMAL YANG SHALEH DINAIKKAN-NYA (Qs Fathir : 10) Dari penafsiran para ulama terdahulu , seorang mukmin ketika melakukan amal shaleh, maka amlnya itu akan menembus langit, menyibak tabir dan melayang menuju Allah seakan amal itu membuka pintu lngit. Jika orang mukmin itu meninggl , maka ruh-nya naik. Lalu ia akn menemu kan pintu-pintu itu terbuka. Yang membukakan pintu itu , mnyiapkan berbgai jalannya memuluskn sekat sekatnya tk lain adlah amalnya sen diri. Asal amal itu adlah amal shaleh serta zikir.

Jika ia tidk mmiliki aml shaleh, maka pintu-pintu itu akan ttap tertutup begitu juga jalan jalnnya dan sekat sekatnya. Jika ia meninggal , maka ruhnya tetp naik tetapi pintu pintu langit itu terkunci baginya. Ia tidak bisa mmbuka jln itu sendiri lantaran amalnya.


SIAPA SAJA YANG BERAMAL SHALEH MAKA UNTUK MEREKA SENDIRILAH MEREKA MENYIAPKANNYA (TEMPAT YG MENYENANGKAN)(Qs Al-Rum : 44)

TABIR 3. DOSA-DOSA BESAR YANG TERSEMBUNYI Yag termasuk ktegori ini bnyak sekali sprti ksombongan, membanggakan diri, congkak, iri, dengki,ujub, riya. Dosa besar yang tersembunyi lebih besar dosanya daripada dosa besar yang tampak. Lebih besar dosanya daripada zina, minum-minuman kras atau mncuri. Karena akan menjadi tabir antara hati hamba dengan TuhanNya. Hal ini terjadi karena jalan menuju Allah hanya dapat ditempuh dengan Hati dan tidk bisa ditmpuh dengan kaki.

TABIR 4. DOSA-DOSA BESAR YANG TAMPAK Seperti mencuri, minum-minum keras dn dosa bsar lainnya. Ingat, tidak disebut dosa kecil jika dilakukan terus menerus (ishrar), serta tidak disebut dosa besar jika diiringi dengan Istighfar (tobat) WAHAI HAMBA ALLAH , BILA HENDAK MELAKUKAN MAKSIAT KEPADA ALLAH CARILAH TEMPAT YANG TK TERLIHAT OLEHNYA. CARILAH JUGA KEKUATAN SLAIN ALLAH YG BISA MEMBANTUMU, HANYA SAYANG SEKALI ENGKAU TAK KAN MENEMUKANNYA.

TABIR 5. DOSA- DOSA KECIL Betapa banyk dosa kecil yang mnyebabkan plakunya suu 'ul khatimah. Sorang mukmin adalah sosok yang selalu menganggp besar dosa. Ia meman dang dosanya wlaupun kcil sbagai dosa besar. Karena ia sellu wspada kpada Allah , seperti halnya ia tidak pernah meremehkan kebaikan sedi kitpun karena menganggp kbaikan itu mengandung karunia dn anuge rah Allah. Ia bersikap tngah tengah, antara dua sikap ini hingga ia mem bersihkan hatinya dari sikap kecil dosa dan menganggap remeh keta atan. Yng menghampiri TuhanNya Yng Maha Pengampun, Maha Penya yng, Makha Penerima Tobat, Maha Lembut, Maha Segalanya, Lalu ia minta ampun kepada-Nya hingga tersingkaplah tabir itu.

TABIR .6. TABIR SYIRIK Tbir ini mru pakan yang paling besr, pling tebal dan paling padat. Cara mmutuskan dan menghilangkan tabir ini adalah dengan memurnikan tauhid. Syirik sangat dibenci oleh Allah. Tak ada hal-hal lain yang lebih dibenci oleh Allah melebihi perbuatan Syirik dan Orang- orang Musyrik. INGATLAH ,HARI YG WAKTU ITU KAMI MENGHIM PUN MEREKA SEMUANYA, KEMUDIAN KAMI BRKATA KPADA ORANG ORANG MUSYRIK, ‘DIMANAKAH SEMBAHAN SEMBAHAN KAMU YANG DULU KAMU KATAKAN ( SEKUTU-SEKUTU ) KAMI? . KEMUDIAN TIADALAH FITNAH MREKA KECUALI MENGATAKAN DEMI ALLAH, TUHAN KAMI , TIADALAH KAMI MEM PERSEKUTUKAN ALLAH. LIHATLAH BAGAIMNA MEREKA TELAH BERDUSTA KEPADA DIRI MEREKA SENDIRI DAN HILANGLAH DARI MEREKA SEMBAHAN SEMBAHAN YANG DULU MEREKA ADA ADAKAN. (Qs Al-an’am ; 22-24)

TABIR 7. SIKAP BERLEBIHAN DALAM PERKARA MUBAH. Semua yang diang gap biasa, adat istiadat, sikap berle bihan, juga hal-hal yng mubah bisa menjadi tabir antara sorang hamba dengan Tuhan-Nya. Mis, Perut yang bisa menjadi tabir antra hmba dgn TuhanNya. TIDAKLAH SEORANG ANAK ADAM MEMENUHI WADAH YANG LEBIH BURUK DARIPADA PERUTNYA (HR Al- Thirmidzi). Knp nabi bersbda. demikian? Krna lambung jika telah pnuh, maka pikiran tidk akn optiml bekerja, anggota tubuhpun akan abai terhadap segala aktifitas yang harus dilakukannya. Selain perut , pkaian juga bisa mnjdi tabir antara hamba dengan TuhanNya. SEMOGA CELAKA ORANG YANG MEMUJA DINAR, DIRHAM DAN PAKAIAN (HR Bukhari). (Maksudnya disini pakaian yang berlebih-lebihan).

TABIR 8. LALAI KEPADA ALLAH SIKAP LALAI BS MNDOMINASI HTI SEORANG KALA HATI NYA ITU JAUH DARI SANG KEKASIH yakni ALLAH SWT Yg Maha Tinggi. Pada gilirannya org itu akan mengikuti hawa nafsunya, mngikuti perilku Syetan dn melupakan Allah. JANGANLAH KAMU MENGIKUTI ORANG YANG HATINYA TELAH KAMI LALAIKAN DARI MNGINGAT KAMI, SERTA MENU RUTI HAWA NAFSUNYA DAN ADALAH KEADAANNYA ITU MELEWATI BATAS (Qs Al-Kahf : 18).

TABIR 9. ADAT KBIASAAN DN TRDISI. Didunia ini ada orng yg mnghamba kepada kebiasaan. Agar bisa sampai kepda Allah, seseorang harus mem bebaskan diri dari segala bentuk penghambaan kepada selain Allah. Mnurut Syekh Al Islm, ibn Taymiyh, TIDAK SAH PENGHAMBAAN KEPADA ALLH SELAMA MASIH ADA JATAH UNTK SELAIN ALLAH. Oleh karena nya kita hrus mengikhlaskan diri hnya untk Allah. Dengan begitu Dia akn Mene rimamu.

TABIR 10. KAUM AGAMIS YANG BER LAKU JAUH DARI JALAN LURUS. Inilah tabir orng orng agamis (Multazimin)Sseorng yg mmbangga banggakan amalannya, amaln itu akan menjadi tabir antara dirinya dengan Allah. Seharusnya tidak mengingat-ingat amal baiknya. Akn ttapi hendaknya bersikap TENGAH-TENGAH.

Mengenang anugerah Tuhan padanya sambil memperhatikan aib diri dan jiwanya.

Memperhatikan anugerah dan nikmat Allah padanya berupa pem berian taufik dn bantuan kpdanya. lalu memperhatikan amalannya. Ba gaimana amaln itu belum dilakukn sprti sharusnnya, mlainkn dikotori oleh hama-hama yng menghalangi diterimanya amal Oleh Allah. Lalu brsungguh sungguh dlm brusaha. Jika tidk ada kterkaitan hati dengn perbuatannya , sikap mmbanggakn serta ksibuknnya shingga mlalaikan Allah bisa menjdi pnghalang. Orang bijak mengatakan:

JIKA KAMU RIDA DENGAN DIRI DAN AMAL PERBUATAN MU ITU MAKA KETA HUILAH BAHWA SEBENARNYA ALLAH TIDAK RIDA KEPADA MU. SIAPAPUN YANG MENYADARI BAHWA DIRINYA TEMPAT SEGALA AIB DAN KEJELEKAN , AMALANNYA MUDAH TAKLUK KEPADA KEBURUKN DAN KEKURANGAN, BAGAI MANA DIRI DN AMALANNYA ITU AKAN RIDA KEPADA ALLAH?

Sudah yakinkah kita brapa tabir yg memisahkan kita hari ini dengan Allah SWT?

Bagaimana kita melepaskn diri dari tabir-tabir itu? Jujurlah kpada Allah, jujurlah kepada diri , Jujurlh dalam kembali Kepada-Nya agar ke - 10 tabir antara diri kita dngan-Nya itu sirna. Smua tabir itu tidk akn hilang kecuali dengan bantuan Allah. ( M. Husayn Ya’qub “ Tuhan Aku Ingin Kembali)


By: JSikuram. Di cop dr BC my Team

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Daftar Blog Saya

Banyak hal di Dunia yang takkan sanggup kita fikirkan sendiri, banyak tawa yang tak seru jika dinikmati seorang diri, banyak air mata yang terlalu pedih untuk dialirkan sendiri, untuk itulah kita membutuhkan saudara/teman, membagi setiap kebaikan, mengoreksi tiap kesalahan, Ya Rabb....... Jika sekarang saudara/riku/teman2ku yang sedang tersenyum? Semoga menjadi ibadah, jika bersedih? Semoga kesedihan nya bisa menghidupkan hati dan jiwa. Jika sedang lelah? Semoga kelelahan nya menjadi penggugur dosa dosa. Aamiin ya Allah.
gif

KLIK SITE BUKERAN